Senin, 08 Oktober 2012

Gen I Be Online


 
Adalah sebuah tantangan baru bagi saya, mengembangkan sistem informasi online berbasis File. Sebelumnya saya membangun sistem informasi online berbasis teks dengan aliran data yang cukup padat di KSU Bina Artha Guna. Lihat e-BAG, Lihat Profil Ksu Bina Artha Guna
Sistem informasi online berbasis teks adalah sistem informasi yang terintegrasi dalam sebuah jaringan kerja yang memiliki kantor-kantor yang berjauhan tempat, dengan aliran data berupa teks, seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan perbankan dan lembaga-lembaga keuangan lainnya.

Seperti halnya sistem informasi online berbasis teks, sistem informasi online berbasis file juga dirancang untuk kerja secara realtime.  Gambaran sistem kerjanya adalah seperti memiliki mail server sendiri yang mengelola email beserta attachment. Jadi selain mengelola teks juga mengelola file. Seperti yang telah berjalan sebelum diterapkannya sistem informasi online ini, email menjadi alat utama dalam tukar menukar data. Namun karena semakin padatnya aliran data dan beberapa hal mengenai keamanan data, maka dibangunlah Gen I Be Consultant Technical Device sebagai sistem terintegrasi secara online. Gen I Be Consultant Technical Device mempersembahkan sistem informasi yang lebih baik karena beberapa hal dibawah ini:

  1. Bahwa file-file secara fisik tidak di-hosting ke sebuah perusahaan host seperti yahoo atau google melainkan tersimpan secara aman di server kantor pusat Gen I Be Consultant.
  2. Kemudahan dalam pengelolaan data yuridis klien oleh seorang operator maupun konsultan serta informasi yang secara langsung dapat diakses oleh admin pusat pada saat itu juga atau kapan saja dengan adanya notasi yang mudah dilihat ketika admin membuka aplikasi.
  3. Jika file dikirim melalui email maka banyak kemungkinan akan terjadi duplikasi file attachment masuk ke data pusat. Dengan basis data, file bersifat unique, terikat dengan kode pada data pribadi klien yang bersangkutan.
  4. Manajemen selalu membutuhkan informasi singkat mengenai perkembangan perusahaan. Dengan banyaknya email, terjadi lempar-melempar data yang tidak dapat dipantau jika tidak masuk ke email pemilik. Dengan sistem informasi online, segalanya dapat dipantau karena aliran data yang diakui adalah yang melalui sistem ini. Aliran data satu pipa.
  5. Siapa pun dapat mengakses data yang sama dengan hak akses masing-masing pada tingkatan user. Email tidak dapat dipercaya sebagai perolehan kerja, karena email bukan merupakan basis data.
Sekilas Gen I Be Consultant
Link | Link | Link | Link | Link | Link | Link | Link | Link | Link

Gen I Be Consultant adalah sebuah lembaga konsultan bakat dan karakter melalui pemetaan karakter genetik berdasarkan analisa sidik jari. Dalam hal pengambilan sampel sidik jari klien, standard yang dikeluarkan oleh Gen I Be mengharuskan pengumpulan sampel kurang lebih 3 sampel sidik jari untuk setiap jari klien. Sehingga untuk sepuluh jari klien kurang lebih dibutuhkan 30 sampel. Pengambilan sidik jari menggunakan peralatan pemindai sidik jari dan notebook untuk penyimpanan data baik secara online maupun offline untuk daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh internet.

Pada hari ini (Tuesday, October 09, 2012) telah terbentuk setidaknya 7 client unit dalam jaringan Client Server Gen I Be Consultant yang rencana kedepannya akan diterapkan di semua cabang dan agen yang telah beroperasi.

Screenshots:
Format Pendaftaran Klien


Pemindaian Sidik Jari

Proses Pengiriman Data

Poin-poin Penting


Gen I Be Consultant Technical Device mengandung komponen-komponen yang memiliki hak paten. Penggunaan Merk, Logo dan penerapan metode-metode teknis adalah atas seizin pemilik hak cipta.

Ketika portfolio ini ditulis, Gen I Be Consultant Technical Device masih dalam tahap pengembangan dan terus memperbaharui, menambah dan mengganti program aplikasi ini. Untuk itu para pengguna diharapkan untuk selalu mengikuti perkembangannya dengan melakukan proses update karena proses update otomatis meminta konfirmasi anda.

Hal-hal teknis yang berhubungan dengan penggunaan aplikasi dapat disampaikan melalui forum di facebook yang dalam waktu dekat ini akan kami bangun. Untuk sementara bisa cari saya disini

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Ketik komentar anda disini