Senin, 08 Oktober 2012

e-BAG, Sistem Informasi Koperasi Online

oleh Deni Setyawan pada 6 September 2012 pukul 7:05 ·


KSU Bina Artha Guna berkator pusat di Wonosobo, memiliki 12 kantor cabang di kota-kota di Propinsi Jateng. Lihat Profil BAG 

Mengingat kebutuhan mendesak yang berhubungan dengan layanan masyarakat, metode kerja yang efisien, cepat dan akurat, informasi yang mudah untuk diakses, maka kami membangun sistem informasi yang terintegrasi online secara realtime yang kami beri nama e-BAG.

e-BAG adalah program aplikasi client-server sebagai kelanjutan dari program aplikasi sebelumnya yaitu IIS BAG. IIS BAG pada awal dibuatnya adalah program aplikasi single user yang kemudian dikembangkan oleh beberapa pengembang menjadi aplikasi multiuser dalam jaringan lokal (LAN) di kantor pusat KSU Bina Artha Guna dan telah lama beroperasi. Adapun database yang digunakan oleh IIS BAG adalah Microsoft Database atau yang sering disebut dengan Microsoft Access. Perlu diketahui bahwa Microsoft access sesungguhnya tidak direkomendasikan untuk multiuser system. Oleh karena itu KSU Bina Artha Guna telah beberapa kali mencoba untuk melakukan migrasi data ke basis database yang lebih kompatibel untuk multiuser. Namun karena beberapa kendala, hingga sekarang hal tersebut masih belum tercapai sesuai dengan kebutuhan KSU Bina Artha Guna itu sendiri.


Peningkatan lalu lintas transaksi KSU Bina Artha Guna, khususnya produk Simpanan Arthaku dapat dikatakan cukup tinggi. Dari jumlah transaksi di awal oktober yang rata-rata kurang dari 10 transaksi perhari dengan jumlah nasabah pada pertengahan tahun 2011 sebesar 15000 nasabah menjadi sebesar 1300 transaksi perhari dengan jumlah nasabah pada akhir Mei 2012 sebesar 20500 nasabah.


Dengan peningkatan yang luar biasa ini, sistem kerja jaringan lokal di kantor pusat semakin tinggi, pengelolaan data untuk menjaga kesesuaian dengan kondisi lapangan yang jauh dari kantor pusat semakin sulit, sementara kantor cabang masih menggunakan metode manual untuk melakukan berbagai analisa penting, sehingga karena sistem yang tidak terintegrasi antara kantor pusat dengan kantor cabang menimbulkan terjadinya selisih data. Hal ini sangat disayangkan baik secara intern KSU Bina Artha maupun secara ekstern mengenai pelayanan.


Berdasarkan beberapa pertimbangan dan analisa kendala, pada awal bulan Januari 2012 KSU Bina Artha Guna merencanakan untuk membangun online system meskipun dengan basis data lama yaitu Microsoft Access, dan pada pertengahan Februari 2012 telah dilakukan input data Simpanan Arthaku secara online dari salah satu kantor cabang KSU Bina Artha Guna hingga sampai saat ini telah beroperasi secara online 12 kantor cabang untuk melakukan transaksi Simpanan Arthaku.

Pengembangan e-BAG mash merupakan awal dari pembentukan online system dan akan terus berlanjut pada sektor-sektor tidak hanya Tabungan ARTHAKU bahkan pada sektor intern yakni Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengambilan Keputusan, serta pada urusan pelayanan dan sektor-sektor baru yang memungkinkan dalam bisnis koperasi. Tentu saja hal ini merupakan perjalanan yang masih panjang. Kebijakan dan dukungan dari manajemen serta dukungan kinerja dari team di pusat dan di kantor cabang sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses ini berlanjut.

Terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini. Semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat segera tercapai dengan tidak ada satu halangan apapun.



Jaringan e-BAG


e-BAG sebagai aplikasi client server memiliki server engine yang melayani akses read and write dari kantor-kantor cabang secara online dan relatif aman dari peretas jaringan. Server engine bekerja secara online selama 24 jam. Tugas-tugas server engine antara lain:
  1. Menerima kode perintah dari client untuk melakukan query
  2. Mengirimkan hasil query ke client Hasil query tersebut dapat berupa antara lain kode perintah, besaran angka maupun table template
  3. Menerima kiriman dokumen dan e-mail
  4. Mengelola komunikasi melalui media chat
  5. Membuat laporan outdoor yang bisa diakses melalui browser

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Komentar

Ketik komentar anda disini