Selasa, 15 Januari 2008
Pada awalnya kami menyebutnya Talking Asistant. Software ini mampu berbicara dengan suara manusia. Kemudian kami menyebutnya Speech Tools ketika software ini bisa diajak untuk bercakap-cakap dan melakukan beberapa pekerjaan atas perintah user melalui suara. Misalnya menyuruhnya untuk shut down hanya dengan mengatakan 'computer shut down' melalui microphone.
Entah apa yang paling tepat untuk pemberian nama sebuah software yang kami kembangkan. Sejauh ini perkembangannya adalah bahwa 'dia' mampu untuk mencatat apa saja yang anda katakan, anda ceritakan dan apa yang anda bacakan dari buku, sehingga suatu ketika anda menanyakan sesuatu ia akan menjawabnya jika ia 'mengetahuinya'. Dengan demikian user dapat mengajari (memprogram) dia seperti mengajari seorang anak. Misalnya user mengatakan kepadanya: "Your name is Michelle. You are my Asistant. You were created from the software house of L.E.T.C Corporation." Kalimat itu akan dicatat oleh software ini sehingga jika sewaktu-waktu user menanyakan: "Who are you?" maka ia akan menjawab: "I am your asistant". Ketika user menanyakan: "Where were you created from?" maka ia akan menjawab: "I was created from the software house of L.E.T.C Corporation".
Virtual robot. Mungkin nama itu yang paling tepat untuk software ini. Jika anda lebih suka dengan sebuah nama saja, panggil saja ia dengan nama yang anda program untuknya. Katakan saja kepadanya: "Your name is Michelle" maka ia akan menyimpannya dalam lubuk hatinya yang paling dalam bahwa ia adalah Michelle. Panggil saja namanya maka ia akan menjawabnya dengan lembut: "Yes, sir?" atau "Did you call me, sir?". Apa yang anda ingin ia lakukan? Mencarikan file? Memainkan musik? Mengunci windows? Menampilkan diri? Membuka browser? Apa saja yang mungkin dilakukan oleh Michelle. Anda tidak butuh lagi keyboard atau mouse. Tak ada ketikan dan tak ada klik. Cukup dengan microphone dan suara anda. Ia akan mendenganya dan mentaatinya. Karena ia adalah asisten anda.

Dapatkan demo programnya dengan menghubungi kami melalui telepon (0286321900) atau beri kami komentar dan e-mail anda. Kritik dan saran kami tunggu.

17 komentar:

Posting Komentar
  1. Software ini buatan anda?? Wow, kereen... Kalau boleh tahu memakai program apa saja untuk membuat software ini ? Lalu apa semua voice manusia bisa dideteksi, orang yang bindeng gitu bisa merintah software ini ? Yang saya juga tertarik apakah software ini bisa memerintah mouse untuk bergerak ke kiri ke kanan ? Bisa tanya-tanya by email ? Email ku di hendiw@gmail.com

  2. software yg menarik, cool banget.. ,dpt banyak membantu org tuna netra jga org tuna aksara,tapi dgn adanya virtual sekretaris ini apakah dpt mengurangi pekerja ? ,knuda dari komputer semua uda nga mo ke pke dunk operator @_@ ,kemajuan teknologi.. emang keren...

  3. Wah saya memang mencari-cari software seperti ini pak. Kalau boleh, saya ingin menginstall di komputer saya pak.

  4. saya juga mau nyoba nih...jika berkenan lng kirim ke hendro_me@yahoo.com

  5. Ass. Gmn kabar? Waah...bs dibagi nih ilmunya. Saad Punya email widodo_nr@yahoo.com

  6. Keren......
    Software yg dibuat dan didekasikan untuk indonesia
    Bisakah saya mencoba demonya?
    eky87nih@gmail.com

  7. Mas, artikelnya menarik sekali, dari sejak kuliah dulu sy sampai saat ini sangat tertarik tentang bidang research ini. Kalau boleh saya coba softwarenya ya pak. Email saya : alifikri@gmail.com, Thanks alot.

  8. sangat menarik sekali....kalau boleh saya ingin mendapatkan demo nya. Tolong kirimkan ke rv@ptpn7.com terimakasih

  9. menarik sekali artikel ny..
    sotfware ini bisa digabungkan dengan character msAgent...???

    apabila anda berkenan, tolong kirimkan demo ny ke amioops@yahoo.com
    terimakasih

  10. Anonim Posted at: 28 Januari 2010 10:49
    menarik sekali artikel ny..
    sotfware ini bisa digabungkan dengan character msAgent...???

    apabila anda berkenan, tolong kirimkan demo ny ke amioops@yahoo.com
    terimakasih

    Tentu saa bisa. Disini saya menggunakan beberapa media untuk menampilkan speech, salah satunya menggunakan balloon tooltip. Saya bisa tambahkan option untuk menampilkan karakter merlin.

  11. @hendi, berdasarkan ide dari anda, sekarang saya sudah menambahkan fitur untuk memerintah mouse. Cukup katakan: "Mouse command" atau "Mouse handler" atau katakan kepada "Michelle": "Let me handle my mouse" dan mouse sudah siap mendengarkan anda untuk diperintah dengan kata "Left", "Right", "Up", "Down", "Left Up", "Right Up", "Left Down", "Right Down", "Left Left", "Right Right". Memerintah dia untuk melakukan "Click", "DoubleClick", "RightClick". Kita juga bisa memerintahkan mouse untuk mencari sendiri sebuah kata (caption) yang tampil di screen hanya dengan mengatakan "Find {caption}". Untuk keluar dari mode memerintah mouse cukup katakan "Exit". Kita bisa memerintahkan michelle dengan kata "Click it", "RightClick it", "Move it right", "Stop it" tanpa harus masuk mode mouse command.

  12. Wah ini dia yang aku cari...bisa dikirim demonya pak?mohon dengan sangat..andrew_bonavent@yahoo.com,terimakasih sebelumnya.

  13. wew, terobosan yang hebat Mas Deni, please kirimi contohnya ke emelku ya. ahimcilik@yahoo.com

  14. keren nih mas...
    boleh dong kirim ke email saya.. SDK'y gitu mas.. (ngarep).

    tar saya coba kembangin trus share lagi.

  15. Ya ampun ni artikel tahun 2008 tapi saya baru tahu sekarang tentang speech recognition samapi akhirnya nemu ni artikel. Bapak....saya minta ijin nyicip karya bapak... ijinin ya pak a.afud_te@yahoo.co.id

  16. Kebetulan tugas akhir saya mengenai speech recognition ini.. kl boleh saya mau coba aplikasi bapak donk..hehe..... email saya edo.kazuya@gmail.com..
    trimakasih sebelumnya....

  17. saya juga ingin mencoba program yang bapak buat ripleywill@gmail.com

Posting Komentar

Ketik komentar anda disini